Munculnya mesin penjual makanan beku di seluruh Jepang membawa harapan untuk menyusutnya pasar

Sebuah mesin penjual otomatis yang menjual makanan beku telur pollack pedas “mentaiko” dan hot pot “motsunabe” terlihat di depan gerbang tiket kereta peluru di lantai dua Stasiun Hakata di kota Fukuoka pada 16 Juli 2022. (Masayuki / Toshiki Inoue)
FUKUOKA — Mesin penjual otomatis yang menjual berbagai makanan beku, termasuk mie ramen, mangkuk makanan laut, belut panggang, dan kue, baru-baru ini meningkat di seluruh Jepang, di tengah pasar yang menyusut untuk penjual otomatis khas negara itu.

Di balik kegemaran ini adalah mesin penjual makanan beku “Dohiemon”, yang total pengirimannya mencapai 3.000 dalam waktu sekitar satu tahun sejak dirilis pada Januari 2021.

Meskipun Jepang dikenal memiliki banyak mesin penjual otomatis, mereka yang menjual minuman, yang menyumbang lebih dari 50% dari semua mesin penjual otomatis, telah dipasang secara menyeluruh di setiap sudut yang memungkinkan, seperti yang diklaim oleh pihak terafiliasi. Selain bersaing dengan toko serba ada dan pesaing lainnya, industri ini juga berjuang dengan kekurangan staf yang dapat mengisi ulang produk.

Sebuah mesin penjual otomatis yang menjual mangkuk makanan laut beku terlihat di depan gerbang tiket di stasiun kereta bawah tanah Hakata di kota Fukuoka pada 16 Juli 2022. (Masayuki / Toshiki Inoue)
Statistik Asosiasi Produsen Sistem Penjual Otomatis Jepang menunjukkan bahwa jumlah mesin penjual otomatis, termasuk yang menjual rokok, makanan, dan tiket, telah turun dari sekitar 5,6 juta pada tahun 2000 menjadi sekitar 4 juta pada tahun 2021. Serangkaian pembuat telah meninggalkan bisnis ini sejak tahun 2000 – an, dan hanya Sanden Retail Systems Corp. dan Fuji Electric Co., keduanya berbasis di Tokyo, saat ini memproduksi mesin penjual otomatis untuk menjual minuman dan makanan di Jepang.

Dengan latar belakang seperti itu, Sanden, yang juga menangani kotak kaca untuk toko serba ada, memusatkan perhatiannya pada bidang baru makanan beku untuk mesin penjual otomatis. Pada Januari 2021, ia mulai menjual Dohiemon, yang didirikan sebelum restoran dan tempat lain yang dilanda pandemi terpaksa menutup pintunya atau mengurangi jam buka. Penjualan mesin penjual otomatis freezer segera meningkat.

Mesin Dohiemon mengakomodasi produk dengan berbagai ukuran, berdasarkan kombinasi partisi yang dibangun di dalamnya, dan mampu menjual berbagai macam produk, termasuk permen kecil dan kotak makan siang bento besar. Struktur mesin juga memudahkan pengisian ulang produk, tidak seperti mesin penjual otomatis yang menjual minuman. Menurut Sanden, perusahaan telah mengirimkan total lebih dari 3.000 mesin pada akhir Maret tahun ini. Pada bulan Februari tahun ini, Fuji Electric juga memulai penjualan mesin penjual otomatis freezer yang disebut “Frozen Station”, dan sejauh ini telah mengirimkan sekitar 500 unit.

Sebuah mesin penjual otomatis yang menjual ikan tenggiri goreng beku terlihat di depan gerbang tiket di stasiun kereta bawah tanah Hakata di kota Fukuoka pada 16 Juli 2022. (Masayuki / Toshiki Inoue)
Mesin-mesin tersebut telah dipasang di fasilitas komersial, tempat parkir, dan di jalan-jalan, serta di dalam stasiun, yang digunakan banyak orang. Pada Juli 2021, Yamaya Communications Inc., yang berbasis di kota Fukuoka, yang memproduksi telur pollack pedas “mentaiko” khas Hakata, mendirikan mesin penjual otomatis yang menjual hidangan beku mentaiko dan hot pot “motsunabe” di depan gerbang tiket menuju kereta peluru di JR Stasiun Hakata di kota. Perusahaan juga memasang masing-masing satu mesin di peron Jalur Kagoshima pada Juni 2022 dan jalur utama di dalam stasiun pada Juli tahun ini.

Sebuah mesin penjual otomatis juga muncul di dalam stasiun kereta bawah tanah kota untuk pertama kalinya pada bulan Juli. Sanyo Co., Ltd., sebuah perusahaan perikanan di Fukuoka, mendirikan mesin penjual otomatis yang menjual ikan tenggiri goreng beku di dekat gerbang tiket tiga stasiun, termasuk Stasiun Hakata. Seorang perwakilan menyatakan kegembiraannya, dengan mengatakan, “Satu mesin berisi 60 produk, tetapi kami tidak dapat mengisinya kembali karena penjualan yang sangat bagus.”

Layanan Harian Kereta Api Jepang Barat Net Co., yang bertanggung jawab atas proyek-proyek di dalam stasiun JR West, juga telah memperluas layanan mesin penjual otomatis, mulai dari Stasiun Amagasaki di Prefektur Hyogo, di mana ia menyiapkan mesin pangsit gyoza.

Hitomi Haga, kepala perwakilan hubungan masyarakat di Sanden Retail Systems, mengatakan, “Meskipun kekuatan pendorong pertama adalah virus corona, mesin-mesin tersebut sekarang menyebar terlepas dari pandemi.”Dia menambahkan dengan yakin,” Mesin penjual otomatis freezer akan terus berkembang pesat.”