Kurang Bagus di Norwegia, Makan Beku bagus di pasar dalam negeri

Team Bisnis Peternakan Ayam Lima tahun lalu, konsep makanan beku Inggris Iceland memasuki pasar grosir Norwegia melalui perjanjian waralaba. Sejak 2018, Islandia Norwegia mengalami kerugian total lebih dari NOK 40 juta bagi investor Norwegia. Rantai tersebut memiliki paling banyak enam toko di Norwegia, tetapi empat ditutup awal tahun ini, menurut Dagens Næ Brexit adalah bagian dari masalah.

Di tim Norwegia ada sekelompok pengusaha yang sangat berpengalaman dan ahli dalam ritel bahan makanan. Idenya adalah untuk mendapatkan sebagian kecil dari pasar grosir Norwegia dengan produk-produk baru, menarik, dan nyaman dari spesialis produk beku.

Ternyata lebih sulit dari yang diperkirakan, paling tidak karena Brexit. Sekarang Islandia merelokasi bisnis ekspornya ke Irlandia yang akan memudahkan ekspor ke UE dan EEA.

Pemimpin untuk operasi di Norwegia, Geir Olav Opheim memiliki pengalaman manajemen puncak dari Coop dan Nortura dan dianggap sangat terampil. Namun, hal ini tidak banyak membantu dalam mencapai kesuksesan bagi Islandia di Norwegia, meskipun Opheim juga membawa serta sekelompok pedagang grosir yang sangat berpengalaman, seperti Geir Myklebust dan Stå

Lebih baik di tempat lain
Di Inggris dan di tempat lain di dunia, segalanya menjadi lebih baik bagi Islandia.

Spesialis makanan beku ini didirikan oleh pengusaha Sir Malcolm Walker pada tahun 1970 dengan satu toko di Oswestry, Shropshire, Inggris.

Pengecer tersebut kemudian berkembang dan diapungkan pada tahun 1984. Momen penting datang pada tahun 1989 ketika Islandia membeli saingannya Bejam, memperkuat kehadirannya di Inggris selatan, dan menjadikannya pemain nasional.

Pada tahun 2000 muncul masalah besar lainnya-akuisisi Booker raksasa cash and carry-yang dimiliki oleh Tesco-menambahkan bisnis grosir untuk melengkapi rantai ritel, tulis Grocery Gazette.

Namun, pada tahun yang sama bisnis tersebut mengalami gejolak dan Walker digulingkan. Bisnis tersebut berganti nama menjadi Big Food Group, tetapi masalah tetap ada dan, pada tahun 2005, Walker dan timnya kembali saat Islandia diambil alih. Walker kemudian memimpin pembelian manajemen pada tahun 2012.

Inovator
Islandia sering menjadi inovator ritel. Ini mengklaim peluncuran layanan belanja bahan makanan di rumah pertama di Inggris dan telah menjadi juru kampanye terkemuka untuk pengurangan penggunaan plastik, sebuah upaya yang dipimpin oleh Richard Walker.

Total omset di Iceland Ltd. tahun fiskal lalu adalah $ 3,55 miliar dengan sekitar 900 toko dalam GB dan diekspor ke 65 negara di seluruh dunia. Intinya adalah suara.

Harga lebih murah lebih bermanfaat daripada kampanye TV Natal
Islandia telah memilih untuk tidak merilis kampanye TV Natal dan sebaliknya akan berinvestasi untuk mendukung pelanggan selama krisis biaya hidup.

Dalam sebuah pernyataan kepada Grocery Gazette, ketua eksekutif Richard Walker mengatakan:

“Sebagai sebuah bisnis, kami dihadapkan pada sebuah keputusan. Apakah kita menghabiskan jutaan dolar untuk membuat dan membagikan iklan TV atau apakah kita menginvestasikan uang untuk mendukung pelanggan kita selama krisis biaya hidup? Ini tidak punya otak bagi kami. Saya bersyukur bahwa sebagai perusahaan yang dikelola keluarga, kami dapat membuat keputusan yang kami yakini tepat untuk bisnis dan pelanggan kami.”

Lebih baik dalam bisnis daripada politik
Ketua eksekutif Islandia hingga hari ini, Richard Walker, yang diharapkan menjadi anggota parlemen Konservatif, telah keluar dari partai tersebut, menyebutnya “tidak berhubungan”.

Walker adalah salah satu pendukung bisnis partai yang paling menonjol selama bertahun-tahun, tetapi sekarang dia bermaksud bahwa partai tersebut telah menunjukkan “ketidakmampuan untuk memberikan” dan ” tidak berhubungan dengan bisnis, ekonomi, dan kebutuhan sehari-hari masyarakat Inggris.”(Waktu).

Persaingan yang lebih ketat di Norwegia daripada yang diyakini banyak orang
Ternyata tidak mudah bersaing dengan rantai Norwegia. Raksasa seperti Lidl Jerman dan ICA Swedia telah menyerah dan menarik diri dari Norwegia dengan kerugian besar. Kami tidak tahu angka pastinya, tetapi kami berbicara miliaran.

Rantai makanan beku milik Prancis, Picard, mencoba diluncurkan di Norwegia pada 2019. Knut Faremo, pengusaha, dan pengecer berada di belakang dua toko Norwegian Picard di pusat kota Oslo. Setelah kehilangan 10 juta MAHKOTA, pemiliknya menyerah dan menyatakan perusahaannya, Migaya Retail Norway, bangkrut awal tahun ini.

Politisi, jurnalis, dan lainnya telah berkali-kali mengklaim bahwa persaingan di Norwegia terlalu lemah. Banyaknya upaya asing yang gagal untuk menggigit pasar Norwegia (mungkin) membuktikan sebaliknya?